Superkomputer


Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.
Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.
Superkomputer lebih unggul dalam kecepatan daripada komputer di rumah-rumah biasa dengan menggunakan desain inovatif berbentuk lemari yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya dikhususkan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka, dan tidak bagus hasilnya dalam tugas umum. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang lebar.
Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan kelemahan susunan seri, dan menggunakan hardware sistem paralel untuk mempercepat dari kelemahan sempitnya bandwidth.
Superkomputer biasanya digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.
Super komputer tercepat di Dunia saat ini – kali ini saya akan menjelaskan tentang super komputer tercepat di dunia. Ya, anda semua pasti tahu tentang super komputer.

super komputer adalah sebuah komputer dengan kecepatan proses Floating Point yang sangat cepat, bahkan lebih cepat dari pada komputer “High End” yang ada sekarang. Kecepatan proses Floating Pointnya bahkan sudah mencapai ambang “Peta FLOPS” atau sama dengan 1000 triliun proses per detik, sangat cepat bukan. Sebagai perbandingan Intel Core i7 3770K memiliki kecepatan proses Floating Point sebesar 112 GFLOPS atau sama dengan 128 miliyar proses per detik dan juga prosesor IBM Cell yang ada pada Sony PlayStation 3 memiliki kecepatan proses Floating Point sebesar 228 GFLOPS atau sama dengan 228 miliyar proses per detik.

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang Super Komputer tercepat di dunia yang berada di benua Amerika, lebih tepatnya di Amerika Serikat. Super Komputer tersebut Bernama “TITAN”. Super Komputer TITAN dibuat oleh perusahaan Super Komputer ternama di dunia yaitu Cray Inc.      Komputer ini memiliki nama resmi Cray XK7 dan dapat mencapai kecepatan operasi 20 petaflops menggunakan CPU AMD dan GPU NVDIA.

Super Komputer TITAN

Titan ditempatkan dalam 200 kabinet komputer yang memakan tempat kira-kira seukuran lapangan basket. Dalam 200 kabinet tersebut dapat ditemukan 18.688 node komputer, di mana setiap node ditenagai oleh CPU 16-core AMD Opteron 6274 dan sebuah GPU NVIDIA Tesla K20. Titan sendiri adalah sebuah upgrade dari Cray XT5 yang dijuluki “Jaguar”. Upgrade ini dilaksanakan sesuai permintaan Oak Ridge National Laboratory (ORNL) milik Departemen Energi Amerika Serikat.                      
       
Dengan upgrade ini, Titan memiliki processing power 10x lebih tinggi dari Jaguar, mencapai 20.000 triliun operasi per detik, atau 20 petaflops. Dengan kecepatan setinggi itu, Titan diharapkan akan meraih posisi teratas dalam daftar komputer tercepat di dunia. Tidak hanya itu, Titan juga dirancang sebagai komputer yang lebih irit daya.

Perbandingan Antara TITAN Dan JAGUAR

“Salah satu batasan super komputer adalah konsumsi daya, ” ujar Jeff Nichols, Wakil Direktur Laboratorium Penelitian Komputer ORNL. “Menggabungkan GPU dan CPU dalam satu sistem memakan daya yang lebih kecil dibandingkan sebuah sistem superkomputer yang hanya menggunakan CPU.”

Pipa Pendingin Pada TITAN

Sebuah data dari NVIDIA menunjukkan bahwa GPU yang digunakan di Titan hanya memakan daya sampai 1/8 dari konsumsi daya CPU untuk jumlah operasi yang sama. NVIDIA Tesla K20 sendiri adalah tipe server dari Kepler GK110. Karena setiap K20 memiliki 2688 CUDA core, ini berarti secara total Titan memiliki 46.645.248 CUDA core. Kekuatan GPU ini didukung 91,25TB memori ECC GDDR5 (5GB GDDR5 per node).

Tak kalah memukau adalah jumlah total CPU core Titan, 299.008 core x86. Setiap node didukung RAM DDR3 32GB, sehingga jumlah RAM total dalam sistem Titan adalah 584 TB.
Motherboard Pada TITAN
Sebuah board Titan berisi 4 node, dalam arti 4 x AMD Opteron 16-core, 4 x NVIDIA Tesla K20, dan 4 x RAM 32GB.

Untuk apa sih, komputer sekencang itu? James Hack, Direktur Laboratorium Penelitian Komputer ORNL, mengatakan, “Titan akan memungkinkan peneliti untuk mensimulasikan pergerakan benda fisika secara lebih realistis, lebih cepat, lebih akurat, dan lebih detail.”

Apa yang dimaksud dengan “pergerakan benda fisika”? Salah satu penggunaan Titan nantinya adalah untuk mensimulasikan pergerakan dan kondisi neutron dalam reaktor nuklir. Sebuah simulasi penggunaan bahan bakar reaktor nuklir yang sebelumnya membutuhkan penghitungan selama 60 jam di Jaguar, akan selesai hanya dalam waktu 13 jam di Titan. Penelitian seperti ini akan bermanfaat untuk menambah daya tahan bahan bakar reaktor nuklir sambil tetap mempertahankan keamanan reaktor.
Penggunaan TITAN
Penggunaan TITAN

Selain itu, Titan juga akan digunakan untuk simulasi pergeseran iklim (climate change), astrofisika, dan penelitian material secara struktur atom.

Namun, baik Cray maupun ORNL tidak menyebutkan biaya yang dikeluarkan untuk super komputer terbaru ini. Ada yang mau mengira-ngira biayanya?


0 komentar:

Posting Komentar