Tutorial Cara Edit Template Pada Tampilan Baru Blogger

Tutorial Cara Edit Template Pada Tampilan Baru Blogger - Saat Ini interface atau tampilan blogger kita pada menu edit template telah berubah.entah itu udah fix atau belum yang jelas interfacenya sudah berubah,jika belum tahu silahkan sobat cek sendiri dan lihat perbedaanya,seperti yang sobat lihat sendiri pada gambar di bawah ini adalah tampilan barunya,dimana kode dan scriptnya terlihat lebih ringkas tetapi banyak pilihan untuk mengeditnya.Dengan tidak di tampilkannya bagian Expand Widget Templates dan kode CSS nya di Tampilan Baru Edit HTML Blogger yang sekarang. Jadi kalau mau edit CSS harus download dulu templates tersebut, baru bisa ditemukan kode CSS yang sudah tertanam,Pengecualian kalau kode CSS tersebut baru mau ditambahkan ke template, masih bisa melalui bagian Customize




Seperti yang sudah saya berikan nomor-nomor pada tiap-tiap menu yang ada pada tampilan baru edit template tersebut,Pertama saya akan memberitahukan kegunaan dari setiap menu edit template interface yang baru sesuai dengan nomor yang sudah saya tuliskan pada gambar di atas :
  1. Kembali : Fungsinya adalah untuk kembali ke dasboard jika kita batal atau selesai meng editt template.
  2. Simpan Template : Berfungsi untuk menyimpan hasil edit template tersebut.
  3. Lompat Ke Widget : Berguna untuk jalan pintas di saat kita akan mengedit template tersebut,di dalam menu tersebut terdapat sub menu yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita saat akan meng editt template tersebut,sehingga kita akan langsung di arahkan ke tujuan.
  4. Edit Template : Berfungsi jika kita sedang melakukan kegiatan di luar mengedit,tapi jika sedang melakukan edit template maka menu tersebut tidak berfungsi.
  5. Pratinjau Template : Fungsinya untuk melihat hasil prajadi blog kita,apakah sesuai dengan keinginan atau tidak,dalam pratinjau ini berbeda pada pratinjau sebelumnya,dimana pratinjau sekarang akan di perlihatkan langsung pada halaman tersebut,tidak terbuka pada tab baru seperti sebelumnya.
  6. Kembalikan Perubahan : Berfungsi untuk memudahkan kita membatalkan edittan yang sudah kita lakukan.
  7. Kembalikan Template Widget Ke Default : Mengembalikan template kepada default template tersebut.
  8. Format Template : Berfungsi untuk memformat template
  9. CTRL+F : Key ini tidak berfungsi 100% sebagai mana mestinya yaitu untuk memudahkan pencarian,ctrl+f ini tidak akan berfungsi jika kode yang kita cari tidak benar-benar berada pada jangkauan

Setelah sobat semua tahu menu dan kegunaanya,sekarang lanjut ke cara mengedit template pada tampilan baru blogspot ini ;

  • Pertama Login Terlebih dahulu
  • Berikutnya Edit Template
  • Kemudian Pilih Menu Lompat Ke Widget dan pilih bagian mana yang akan di editt
  • Untuk Menampilkan kode CSS nya sebagai contoh saya akan cari kode <b:skin> ,setelah ketemu kemudian klik tanda panah kecil berwarna hitam seperti yg sudah saya lingkari,maka kode CSS pun akan muncul,
 Dan hasilnya akan seperti ini
Kode CSS Tidak Hilang,Hanya Tersembunyi
  • Untuk Menampilkan keseluruhan kode script pada tampilan baru edit template ini sobat tinggal mengklik tombol navigasi Format Template. Tunggu beberapa saat, baru setelah itu kode script secara keseluruhan akan di expand atau di tampilkan.

mungkin itu dulu penjelasan saya tentang Cara Edit Template Pada Tampilan Baru Blogspot,karena saya juga masih dalam tahap penjajagan,mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penjelasan di atas.terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar